Struktur-struktur komputer adalah:

Input Devices, perangkat yang digunakan sebagai alat untuk memasukkan data dari user ke komputer.
Process devices, perangkat yang digunakan sebagai alat pemroses data-data yang telah dimasukkan dan akan dikeluarkan.
Output Devices, perangkat yang digunakan sebagai alat pengeluaran data dari komputer ke user.


Contoh-contoh alat Input, Process dan Output:

Input:
-Keyboard, perangkat untuk memasukkan huruf, angka, simbol atau perintah tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
-Mouse, alat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah-perintah ke dalam komputer berupa pointer
-Scanner, suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen atau foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital
-Barcode Reader, mesin pembaca kode dalam bentuk kumpulan batang. Metode pengkodean yang dinyatakan dalam bentuk garis-garis yang berbeda satu sama lain dan pembacaannya dilakukan dengan bantuan sarana optik yang disebut dengan barcode reader.
-Modem Eksternal, berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
-Joypad (gamepad), tipe kontroler permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya.
-Joystick, adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah.Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
-Kamera Digital, alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
-Light Pen, merupakan piranti masukan yang menggunakan cahaya dalam menerima masukannya. Alat ini berupa pena yang disambungkan kabel di belakangnya, kabel tersebut dihubungkan langsung ke komputer. Cara kerja alat ini adalah sebagai berikut: Bila ujung pena ini kita bawa kelayar monitor, sampai dengan jarak yang cukup dekat, maka apabila kita menggerakan pena ini di layar, akan terdapat gambar ataupun tulisan hasil goresan yang kita buat tadi.
-Trackball, alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.

Output:
-Monitor, suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread.
-Printer, suatu perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen ke kertas.
-Speaker, suatu perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan suara apabila kita sedang menggunakan aplikasi yang berhubungan dengan suara.


Process:
-Processor, komponen kecil berbentuk persegi empat seperti chip atau IC yang merupakan otak pengendali proses kinerja komputer.
-Harddisk, piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.
-Memory (RAM/Random Acces Memory), jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.
-Chace Memory, memori berbasis SRAM berukuran kecil dan berkecepatan tinggi yang dikendalikan secara otomatis oleh hardware.


0 komentar:

Posting Komentar